PELAYANAN KB SEJUTA AKSEPTOR DALAM RANGKA HARGANAS KE-27

Sambutan Bupati Rejang Lebong Dr. H, Ahmad Hijazi, SE., M.Si

Senin (29/6), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong menyelenggarakan Pelayanan KB Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 27 dan Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke 69. Kegiatan pelayanan ini dilaksanakan selama sepekan sejak tanggal 22 Juni 2020 sampai 29 Juni 2020.

Puncak kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor ini dilaksanakan pada hari Senin 29 Juni 2020 di UPT Puskesmas Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang dan dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH., M.Si, Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong, Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XX Kodim 0409 Rejang Lebong, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Camat, Kades, dan masyarakat se-Kecamatan Selupu Rejang.

Dalam sambutan Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH., M.Si menuturkan bahwa peringatan HARGANAS ini, merupakan momentum untuk memotivasi masyarakat untuk menyadari akan pentingnya keluarga sebagai pondasi membangun kehidupan yang bahagia dan sejahtera.

“Selamat HARGANAS Ke-27 dan Selamat Ulang Tahun IBI Ke-69 tahun 2020. Mari kita semua untuk mencintai keluarga, karena keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma agama dikehidupan masyarakat,” ujar Ahmad Hijazi. Beliau juga mengajak seluruh masyarakat untuk bisa mengambil hikmah dari kondisi pandemi saat ini, dimana anak-anak sekolah dari rumah, maka kita harus memanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Sambutan Kepala Dinas DP3APPKB Kab. Rejang Lebong, Rosita M, SH

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong, Rosita M,SH menjelaskan bahwa Kegiatan ini dilakukan sepekan dengan pelayanan KB gratis, diawali dengan rapat koordinasi lintas sektor terkait program KB-Kesehatan pada tanggal 8 Juni 2020, sepekan pelayanan KB Gratis ini dimulai pada hari Senin, tanggal 22 Juni sampai dengan hari Sabtu tanggal 27 Juni di seluruh wilayah puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kami ucapkan terimakasih sebanyak-benyaknya kepada Pemda Rejang Lebong dan semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini. Dalam momentum HARGANAS ini diharapkan semua masyarakat memahami pentingnya KB untuk mencapai keluarga yang sehat dan berkualitas” ujar beliau.

Dalam peringatan HARGANAS tersebut juga digelar berbagai pelayanan kesehatan, diantaranya: pelayanan KB Gratis, pelayanan baru, pelayanan KB ulangan, pelayanan KB Ganti cara, diadakannya donor darah, penyuluhan kesehatan dan keluarga berkualitas bagi kader KB di Kecamatan Selupu Rejang, kegiatan gerakan minum susu bersama masyarakat atau gerimismas dan pemberian bantuan-bantuan dari dinas instansi Kabupaten Rejang Lebong. (mhm)

DINAS P3APPKB

Kantor Dinas P3APPKB Kabupaten Rejang Lebong